Ada Varian Delta, Lalu Kapan Pandemi Corona Berakhir?

Ada Varian Delta, Lalu Kapan Pandemi Corona Berakhir?

JAKARTA - Varian Delta telah mengubah pandemi covid 19. Penularang yang tadinya mulai landai, mendadak menjadi lonjakan. Lalu kapan pandemi virus corona berakhir?

Mantan direktur Food and Drug Administration (BPOM AS) dr Scott Gotlieb menyebut kasus varian Delta akan berkurang di pertengahan Agustus. Menurutnya, varian ini \'mengganas\' di 2 minggu hingga lebih dari dua bulan.

Sementara para ahli dari Scenario Modeling Hub, konsorsium peneliti dari lembaga terkemuka yang berkonsultasi dengan CDC, mengatakan pandemi yang dipicu varian Delta akan terus meningkat sepanjang musim panas dan musim gugur, dan puncaknya terjadi pada pertengahan Oktober.

dr Amesh Adalja, senior di Johns Hopkins Center for Health Security belum bisa memastikan kapan pandemi COVID-19 yang kini dipicu lonjakan varian Delta mencapai puncaknya hingga akhirnya terkendali.

\"Saya pikir tidak jelas kapan kita akan melihat puncak Delta,\" ujar Adalja dikutip Webmd.

Prediksi didasarkan pada skenario yang berbeda. Faktor-faktor seperti perilaku setiap individu dalam menghadapi pandemi, kebijakan pemerintah, dan tingkat vaksinasi di suatu negara semuanya dapat mengubah proyeksi.

Para ahli mengatakan bahwa peningkatan vaksinasi dapat mengubah prediksi. Ricardo Franco, MD, dari University of Alabama di Birmingham, mengatakan bahwa varian Delta dapat teratasi jika herd immunity terjadi saat vaksinasi mendekati 90 persen.
Pernyataan ini diperkuat oleh Justin Lessler, PhD, seorang ahli epidemiologi Universitas North Carolina, mengatakan jika cukup banyak orang yang divaksinasi, itu bisa menghentikan varian Delta.

\"Saya relatif yakin bahwa jika kita bisa mendapatkan 90 persen atau lebih dari populasi yang memenuhi syarat divaksinasi, kita akan melihat epidemi mulai surut,\" katanya. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: